Selasa, 06 Maret 2012

Keindahan Pulau Karimunjawa (Jepara)


Jepara selain dikenal dengan kota ukirnya, ternyata terkenal juga dengan objek wisatnya. Dari Ujung Perbatasan Jepara-Pati, ada Benteng Portugis (Donorojo Jepara), ditengah-tengah pantai tersebut terdapat satu pulau yang bernama pulau Mandalika. Ke selatan lagi ada Pantai Bondo, Pantai Kartini, Bandengan dan masih banyak yang lainnya, Dan salah satu lagi adalah Pulau Karimunjawa. Pengen tahu keindahan di Pulau Karimunjawa?? (sancay)




Karimunjawa, merupakan satu-satunya kecamatan di kabupaten Jepara-Jawa Tengah yang dipisahkan oleh lautan dengan daratan pulau jawa. Karimunjawa berjarak 45 mil laut dari Kabupaten Jepara, terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil berjumlah 27 pulau dengan luas 7129 ha serta luas perairan 107.225 ha. Nama Karimunjawa diambil dari bahasa jawa “Keremun” atau samar-samar dan “Jawa” atau Pulau Jawa, artinya adalah gugusan pulau-pulau ini bila dilihat dari pulau Jawa kelihatan samar-samar, nama tersebut menurut cerita dongeng diberikan saat Sunan Nyamplungan datang ke Karimunjawa. Beliau adalah seorang yang pertama kali menginjakkan kakinya di karimunjawa.


Syekh Amir Hasan adalah salah satu putra Sunan Muria yang hijrah ke karimunjawa , beliau dikenal juga sebagai Sunan Nyamplungan dikarenakan makamnya terletak di gunung Nyamplungan sebuah desa Karimunjawa. Dalam hijrahnya ke Karimunjawa beliau diantaranya membawa bekal Pecel Lele dan Tongkat Lele yang dipecel sudah barang tentu sudah dibuang patilnya. Dari legenda ini dikaitkan dengan jenis lele Karimunjawa yang tidak berpatil yang sekarang banyak dijumpai di dukuh Legon Lele dilereng gunung. Sedangkan Tongkat Kayu konon setelah ditancapkan ditanah tumbuh menjadi Pohon Dewondaru yang terkenal sampai sekarang.

Dari gugusan pulau-pulau yang berjumlah 27 buah, lima buah pulau diantaranya telah berpenghuni yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting.  (wikipedia)




Koleksi Photo2 Karimunjawa


Dermaga Pelabuhan






Pelabuhan Karimunjawa






Tidak ada komentar:

Posting Komentar